Terapkan Prinsip ’Sak Madyo’

Terapkan Prinsip ’Sak Madyo’
DI kalangan orang Jawa, ada istilah sak madyo, artinya secukupnya. Istilah itu dijadikan prinsip oleh Djoko Widiyarto untuk diterapkan di banyak hal. Dari pekerjaan, makanan, istirahat, dan lain sebagainya.
Dari sak madyo, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jateng ini mampu menemukan sesuatu yang luar biasa. Salah satunya kebugaran jasmani hingga tampak awet muda. Djoko yang telah menginjak usia 65 tahun, masih terlihat bugar. Ketika ditanya resep awet mudanya, dokter keluarga ini mengaku hanya memegang prinsip apa adanya. ”Hidup itu tidak perlu ngoyo. Syukuri nikmat yang diberikan Tuhan. Termasuk kerja,” ujarnya.
Baginya, kerja bukanlah mencari uang. Kerja adalah seni membagi kewenangan dan tanggung jawab. Mana yang bisa dikerjakan, dan yang bisa didelegasikan ke rekan kerjanya. ”Kalau inginnya dipegang sendiri semuanya, nanti malah stres,” cetusnya.
Dia mengaku bisa punya badan segar juga karena pola makan yang sak madyo. Djoko mengaku tidak ada menu yang jadi pantangan. Meski sudah tergolong tua, dia tetap berani mengonsumsi aneka olahan yang kerap dihindari pria seusianya. ”Semua saya makan. Tapi ya tidak usah banyak-banyak, sak madyo saja,” pungkasnya. (http://radarsemarang.jawapos.com/read/2016/06/24/2240/terapkan-prinsip-sak-madyo)

Komentar

dakwatuna.com

Postingan Populer